Apa Arti dari Gagal Jantung, Penyebab, Gejala dan Pencegahan

Pada kesempatan ini mimin mau memberitahukan tentang apa arti dari gagal jantung yang banyak dialami oleh penderita penyakit jantung khususnya. Gagal jantung bisa diartikan dengan keadaan bagaimana jantung tidak bisa memompa darah ke seluruh bagian tubuh manusia. Dengan keadaan demikian maka organ tubuh tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya.

Gagal Jantung pada beberapa kasus terjadi karena penyakit jantung koroner. Dengan membuat pembuluh arteri menyempit dan menyebabkan tekanan darah naik berakibat pada otot jantung yang melemah sehingga tugas memompa darah menjadi tidak berfungsi.

Meningkatkan harapan hidup karena gagal jantung bisa saja terjadi. Semua itu tergantung dari kondisi fisik dan psikis pasien. Dengan mengubah gaya hidup menjadi sehat yaitu salah satunya rajin olahraga dan makan yang sesuai dengan anjuran dokter.

Lebih lanjut, gagal jantung bisa di tandai oleh gejala yang terjadi terlebih dahulu. Untuk mengulas lebih detail maka baca juga tanda dari gagal jantung yang harus anda waspadai.

Gejala Gagal Jantung

Gagal jantung pada umumnya bisa diketahui dari beberapa ciri, diantaranya sering sesak nafas saat melakukan kegiatan, sering bangun malam dengan kesulitan nafas, kaki bengkak dan sulit untuk rebahan.

Gejala sesak nafas semakin sering ketika melakukan aktivitas dengan posisi berbaring. Sebenarnya untuk kondisi tersebut bisa diminimalisir dengan melakukan kegiatan dengan keadaan duduk. Untuk kondisi saat tidur yang sering bangun, usahakan saat nafas semakin sesak untuk duduk dulu jangan kembali tidur.

Bengkak pada kaki muncul tidak secara tiba-tiba. Biasanya timbul perlahan bengkak dan ketika upaya untuk mengangkat kaki untuk meringankan tidak terjadi perubahan maka itu indikasi gejala gagal jantung.

Gejala akan semakin para jika penderita mengalami serangan jantung. Untuk kasus seperti ini segera bawa ke rumah sakit terdekat untuk selanjutnya penanganan medis secara cepat dan tepat.

Baca juga: Nikmatnya Menjaga Kesehatan dengan Manfaat Buah Semangka

Penyebab Gagal Jantung

Ada beberapa kasus gagal jantung yang dipicu oleh masalah kesehatan terlebih dulu. Dan berikut ini beberapa penyebab gagal jantung yang umumnya terjadi.

  1. Tekanan darah Tinggi. Sudah dijelaskan diatas bagaimana tekanan darah tinggi sebagai penyebab dari gagal jantung itu sendiri. Dengan tekanan tinggi maka otot-otot jantung ikut mengimbangi sehingga jika keadaan tersebut berlangsung lama maka akan terjadi otot semakin melemah, kaku. Fatalnya gagal jantung tak bisa dihindari.
  2. Serangan jantung. Ini juga salah satu gejala yang bisa menjadi penyebab terjadinya gagal jantung. paling sering terjadi karena serangan jantung membuat otot melemah untuk memompa darah.
  3. Kerusakan otot jantung. Kerusakan ini bisa terjadi karena beberapa hal. Bisa karena bawaan sejak lahir atau bisa penggunaan obat kemoterapi, narkoba dan alkohol.
  4. Kerusakan katup jantung. Keluar masuknya darah ke jantung diatur oleh katup jantung. Bila katup jantung rusak maka darah tidak lagi pada jalurnya sehingga berakibat pada otot jantung.
  5. Gangguan ritme jantung. Kondisi ini bisa juga menjadikan penyebab gagal jantung jika terjadi berkelanjutan secara terus menerus.
  6. Penderita Diabetes. Bagi seorang penderita diabetes, Tekanan darah tinggi dan serangan jantung bisa terjadi kapan.
  7. Bawaan lahir.  Gagal jantung bisa terjadi karena bawaan dari lahir. Ada bayi yang kurang sempurna pada bagian organ jantung dan itu menyebabkan gagal jantung.

Pencegahan Gagal Jantung

Jika sebelumnya sudah tahu bagaimana penyebab dan gejala gagal jantung. Untuk mengantisipasi hal tersebut maka lebih baik untuk melakukan kegiatan preventif. Hal-hal positif yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut.

  1. Kurangi penggunaan Garam dan gula. Penggunaan garam bisa memberikan tekanan tinggi pada darah sehingga akan memungkinkan gagal jantung. Gula sebagaimana kita tahu bisa menyebabkan diabetes sehingga perlu dikurangi.
  2. Makan dengan pola sehat. Usahakan untuk makan buah dan sayur serta protein. Kurangi konsumsi karbohidrat.
  3. Tidak minum alkohol. usahakan untuk anda yang kecanduan minuman beralkohol bisa berhenti karena resikonya berat.
  4. Jaga berat Badan. Dengan menjaga berat badan maka bisa terhindar dari penyakit jantung yang menjadi awal gagal jantung.
  5. Olahraga teratur. Ini salah satu faktor yang bisa menjaga kebugaran tubuh sehingga terhindar dari gagal jantung.
  6. Konsultasikan dengan dokter. Jika anda merasa kurang puas dengan identifikasi awal, segera konsultasikan dengan dokter spesialis untuk mengetahui lebih detail sehingga penanganan lebih cepat.

baca lainnya: Manfaat Wortel Bagi Kesehatan

Nah mungkin itu yang bisa menjadi pelajaran bagi anda untuk lebih berhati-hati dalam pola hidup. Usahakan untuk hidup sehat sehingga terhindar dari gagal jantung.

Semoga bermanfaat.

Leave a Comment