Ingin Investasi Reksadana Sukses? lakukan Hal ini

Bagi pemula investasi online salah satu pilihan yang cocok untuk ditekuni, salah satunya adalah investasi reksadana. Ini menjadi minim resiko dibandingan dengan trading forex dan investasi saham walaupun nilai kembalian yang sedikit lebih lama.

Sebenarnya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memulai investasi reksadana supaya mendapatkan return yang baik. Dibadingkan deposito, bunga investasi reksadana masih jauh lebih besar sehingga memang cocok bagi pemula untuk memulai investasi online.

Berikut ini beberapa cara mengoptimalkan investasi reksadana anda semakin membuahkan hasil dengan return yang lebih besar.

Cara mengoptimalkan Investasi Reksadana

1. Mulai dari Nominal Kecil

Sedikit demi sedikit, itulah maksud dari mulai dari nominal kecil. Jika kamu pemain pemula yang belum handal, maka mulai dulu dari yang kecil. Investasikan modal kecil terlebih dulu kemudian perhatikan dan analisa hasilnya. Jika return yang didapatkan baik maka tambah perlahan nominalnya.

Semakin sedikit semakin rendah resikonya, jadi jika kehilangan nilai masih dalam tahap tolerasi keuangan kamu. Sertai juga dengan pemilihan jenis reksadana untuk meminimalisir resiko.

2. Tingkatkan pengetahuan tentang Reksadana

Jika sudah memantapkan hati untuk terjun ke investasi reksadana, baiknya untuk selalu belajar seluk beluk reksadana supaya investasi yang diharapkan bisa untung.

Tingkatkan pengetahuan misalnya melalui naik turunnya nilai reksadana, atau bagaimana memulai beli reksadana.

Pengetahuan yang semakin kompleks membuat kamu semakin tahu alurnya bagaimana untuk selanjutnya menjadi pegangan menjalankan investasi.

3. Tingkatkan Pengalaman Berinvestasi

Tidak hanya pengetahuan, pengalaman untuk investasi juga harus terus diasah. Seorang yang sukses tidak serta merta langsung sukses tetapi kadang melalui banyak percobaan dan hambatan. pengalaman yang demikian juga diterapkan pada investasi reksadana.

Hal-hal baru dalam investasi akan bermunculan dan mematahkan teori yang ada. terkadang berjalan tidak sesuai dengan teori namun terkadang pula teori bisa dibuktikan langsung.

Pengalaman adalah pelajaran berharga bagi setiap orang. Jadi semakin matang melangkah untuk melakukan tindakan dalam investasi semakin luas pengetahuan investasi.

4. Gunakan Biaya seminim Mungkin

Tidak semua jual beli reksadana yang dilakukan berujung return yang baik. Selayaknya jual beli pada umumnya, reksadana juga menerapkan fee untuk setiap transaksi.

Besaran fee tergantung dari jenis reksadana dan kebijakan dari penerbit sehingga sebisa mungkin mengetahui apa saja jenis reksadana dan penerbitnya.

Ini kembali lagi bagaimana pengetahuan akan investasi reksadana secara menyeluruh menjadi salah satu fundamental dalam mengoptimalkan investasi.

5. Pilih Produk Reksadana yang sesuai kebutuhan

Jenis investasi reksadana ada banyak, pilih sesuai kemampuan, kebutuhan dan tujuan akhir. Jangan sampai hanya ingin mendapatkan return bagus tanpa mengetahui apa sebenarnya tujuan dari investasi ini.

Investasi pendidikan dengan jaminan hari tua tentu berbeda hal. maka pertama yang perlu kamu ketahui terlebih dulu yaitu tujuan berinvestasi itu apa. Kemudian pilih produk dan sesuaikan dengan kemampuan keuangan.

Baca juga: Tips Pilih Warna Cat Rumah yang Bagus

Cara Investasi Reksa Dana

Pembelian investasi reksadana terbagi menjadi dua jenis secara garis besar, yaitu secara langsung dan secara online. Berikut ini cara pembelian reksadana yang perlu kamu lakukan.

Pembelian langsung

Datang ke salah satu kantor perusahaan sekuritas yang sudah ditunjuk oleh OJK. Tanyakan langsung pada petugas bahwa ingin mendaftar reksadana.

Kemudian akan ditanyakan beberapa hal kemudian isikan formulir yang sudah diberikan. Setelah itu kamu akan mendapatkan kartu identitas / nomor identitas. Ini menjadi identitas setiap kali transaksi.

Pembelian Online

Secara online banyak yang menyediakan juga sih. Marketplace atau e-cormmerce juga menawarkan investasi reksadana jenis online. Pilih salah satu yang biasa digunakan.

isikan data diri dan lakukan verifikasi data sesuai dengan identitas asli. Lakukan pembayaran melalui beberapa cara yang sudah ditentukan. Dan investasi reksadana sudah bisa dijalankan.

Nah itulah beberapa hal yang menarik tentang investasi reksadana yang perlu kamu ketahui.

Leave a Comment