Telkomsel pada 24 Agustus 2017 secara resmi melaunching asisten virtual (VA) dengan nama Veronika untuk menanggapi permintaan informasi layanan dan produk telkomsel. Bekerjasama dengan Accenture, Tanya veronika asisten virtual dikembangkan melalui kecerdasan buatan dan interaksi manusia didalamnya.
Lebih detail Asisten virtual telkomsel adalah sebuah layanan kanal digital dengan memanfaatkan media chatting untuk memudahkan pelanggan dalam mengetahui informasi layanan dan produk diantaranya pembelian pulsa, pembelian kuota, bayar tagihan, Cek POIN, cek PUk hingga cek lokasi Grapari terdekat.
Baca juga: Cara Membuat Email Gmail Tanpa Verifikasi HP
Veronika hadir selama 7×24 jam untuk melayani pelanggan dimanapun dan kapanpun. Pengguaan yang sangat mudah memungkinan veronika di akses dari berbagai platform.
6 Cara Akses Tanya Veronika Asisten Virtual Telkomsel
Veronika bisa diakses pelanggan dengan berbagai platform chatbot. Ini menjadi dasar Telkomsel sebagai pelopor operator yang menggunakan asisten virtual untuk pelayanan pelanggan. Saat ini ada 6 cara akses yang bisa kamu gunakan, berikut ini rinciannya.
MyTelkomsel
Sebagai aplikasi pendukung untuk pelayanan, MyTelkomsel kini sudah tersedia veronika asisten virtual. Tinggal klik logo veronika maka akan tertuju pada chatbot asisten virtual. Silahkan kamu bertanya dengan awali kata hai dan tidak lupa untuk masukan nomor HP.
Situs Telkomsel.com
Mirip seperti di aplikasi MyTelkomsel, di situs resmi Telkomsel.com, veronika digambarkan oleh logo. Pelanggan tinggal klik logo veronika dan akan dibawa ke chat.
Pada awal rilis, tanya veronika asisten virtual belum support untuk WhatsApp. Ini disebabkan oleh sulitnya bot untuk WA pada saat itu. Tetapi dengan perkembangan Teknologi AI maka tersedia pula untuk layanan via WhatsApp.
Kamu bisa menghubungi lewat nomor +6281111111111 dan terlebih dulu masukan nomor HP untuk selanjutnya pilih informasi yang akan kamu minta.
Telegram
Sejenis dengan WhatsApp, pada Telegram juga telah dikembangkan bot telegram. Akun resmi Telkomsel untuk layanan virtual Assisten juga telah tersedia dengan chat langsung di https://telegram.me/telkomsel_official_bot
Facebook Messenger
Sebagai salah satu media chat populer, facebook messenger mempunyai API untuk membuat bot penjawab otomatis seperti halnya veronika. Telkomsel menempatkan asisten virtual pada FB Messenger untuk memudahkan pengguna FB untuk mendapatkan informasi Telkomsel
LINE
Walaupun bukan yang paling populer, LINE cukup banyak digunakan oleh generasi muda untuk berbagai keperluan. veronika virtual asisten juga hadir dengan nama @telkomsel untuk melayani pertanyaan informasi terkait Telkomsel.
Selain cara menghubungi veronika asisten virtual, ada beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan yang perlu anda ketahui disini. Berikut ini diantaranya;
- Katalog Paket. Memuat informasi tentang paket apa yang tersedia dari paket SMS, telepon hingga Internet. Kamu bisa membeli paket disini.
- Melihat Profil Pengguna. Nah pada halaman ini tersedia data diri dari pengguna yang sudah mendaftarkan disi di Veronika asisten virtual.
- Informasi POIN. Anda bisa mengetahui berapa POIN dan bisa menukarkan POIN dengan pulsa disiini.
- Informasi LinkAja. Pada awalnya informasi ini seputar T-CASH tetapi setelah rebranding dan menjadi LinkAja.
- Isi ulang pulsa prabayar. Biasanya digunakan untuk isi ulang kartu prabayar.
- Bayar tagihan kartu pascabayar. Telkomsel menyediakan informasi tagihan kartu pascabayar disini.
- Bantuan Lainnya. Ini berisi informasi tentang Grapari, Lokasi terdekat, antri grapari online Mengetahui PUK hingga cara upgrade kartu 4G dan masih banyak lainnya.
Veronika ternyata tidak berdiri sendiri untuk bisa melayani pelanggan. Ada kerjasama dengan spesialisasi Kata.ai dalam memecahkan kosa kata agar mudah dipahami bot. Semakin kedepan, kosa kata yang digunakan dalam menjawab semakin kompleks dan tepat sehingga tercipta kepuasan pelayanan.
Pada zaman sekarang orang mempunyai mobilitas yang tinggi dan ketergantungan dunia digital yang kuat memacu Telkomsel untuk menyediakan layanan yang cepat dan tepat agar pelanggan merasa puas. Chatbot adalah solusi pelayanan efektif untuk pengguna sehingga bisa memberikan pengalaman pelayanan yang oke punya.
Semoga informasi chatbot tanya veronika asisten virtual dari Telkomsel memberikan manfaat untuk kamu.