Tips Menghindari Tersesat Saat Umroh

Tips menghindari tersesat saat umroh tak hanya dibutuhkan oleh orang tua, melainkan yang masih muda karena terkadang juga mengalami hal serupa. Tersesat bisa dialami saat kembali dari Masjid Nabawi atau Masjidil Haram menuju tempat penginapan. Selain itu, lupa jalan pulang juga bisa terjadi ketika Anda berjalan-jalan sendiri untuk menikmati kehidupan masyarakat lokal Arab. Biasanya orang yang baru pertama kali melaksanakan umroh, tidak mudah menghafal nama-nama tempat dan terpisah dari rombongan bisa tersesat di sana.

Tips Menghindari Tersesat Saat Umroh

Perhatikan beberapa tips berikut supaya tidak tersesat saat menjalankan ibadah umroh:

Catat Alamat dan Nomor Penting

Ketika tiba di Mekkah dan Madinah, catatlah nama hotel, alamat hotel, nomor kamar dan nomor telepon. Selipkan catatan tersebut di dompet atau tas tangan yang selalu Anda bawa atau jika perlu di handphone juga. Usahakan untuk mencatat nomor telepon teman se-pemondokan, ketua rombongan dan pembimbing umroh yang bisa dimintai bantuan.

Ketahui Petugas Penyelenggara Haji dan Umroh

Anda harus mengetahui siapa saja petugas penyelenggara haji atau umroh, warna seragam yang dikenakan dan identitas resmi mereka untuk mencegah kemungkinan tertipu oleh orang-orang yang tidak Anda kenal, terutama jika Anda merupakan jemaah perempuan atau baru pertama kali menginjakkan kaki di Tanah Suci.

Usahakan Selalu Pergi Bersama Rombongan

Saat beribadah ke Masjid Nabawi atau Masjidil Haram, usahakan untuk pergi secara bersama-sama. Sebab, bila bepergian sendiri, Anda mungkin akan bingung, terutama yang baru pertama kali melaksanakannya. Jika tidak bersama rombongan, pastikan ada teman lain yang bisa menemani Anda.

Selalu Kenakan Gelang Pengenal dan ID Card

Supaya mudah dikenali dan mencari pertolongan, Anda harus tetap mengenakan gelang dan kartu tanda pengenal. Sebab, gelang tersebut bisa menjadi petunjuk tempat tinggal dan memudahkan petugas keamanan untuk mengetahui dari negara mana Anda berasal. Itu sangat berguna, terutama bila Anda tidak menguasai bahasa Arab atau Inggris. Gelang pengenal dan ID card juga bermanfaat saat keadaan darurat, seperti bila Anda jatuh sakit dan pingsan secara tiba-tiba.

Tenang dan Jangan Panik

Apabila merasa lelah karena telah berputar-putar, tapi masih belum menemukan jalan kembali, beristirahatlah sambil mengingat-ingat pertanda khusus jalan dari hotel ke tempat ibadah dan sebagainya. Jika bertemu dengan jemaah dari Indonesia yang berbeda rombongan, Anda bisa bergabung untuk sementara sebelum menemukan orang yang dapat membantu menemukan hotel atau rombongan.

Demikianlah tips-tips yang bisa diterapkan saat menunaikan ibadah umroh supaya Anda tidak tersesat atau lupa jalan pulang. Semoga bermanfaat dan ibadah yang Anda jalankan bisa lebih lancar dengan tips menghindari tersesat saat umroh.

Leave a Comment